Lukisan Terkenal Karya Maestro Dunia

Jum'at, 26 Januari 2018 - 11:35 WIB
Lukisan Terkenal Karya...
Lukisan Terkenal Karya Maestro Dunia
A A A
ADA banyak pelukis terkenal di dunia. Dari banyak pelukis, ada sejumlah tokoh yang menciptakan karya masterpiece dengan mendedikasikan karier dan hidupnya hanya pada dunia seni khususnya seni lukis. Berikut 10 lukisan terbaik sepanjang masa.

Mona Lisa (Leonardo da Vinci/1503-1514)*

Lukisan Leonardo da Vinci, Mona Lisa adalah lukisan paling terkenal di dunia yang kini tersimpan di Musee du Louvre, Paris. Lukisan ini menggambarkan seorang wanita duduk dengan senyuman yang misterius. Sampai saat ini, belum ada yang tahu pasti apa yang dirasakan Lisa saat dia dilukis. Potret gadis di lukisan Mona Lisa diyakini adalah Lisa Gherardini, istri Francesco del Giocondo. Sekitar 6 juta orang melihat lukisan Mona Lisa setiap tahun.

The Creation of Adam (Michaelangelo/1508-1512)
Lukisan dinding ini merupakan karya pemahat dan pelukis terkenal Michelangelo. Lukisan ini merupakan salah satu bagian dari atap dinding Gereja Sistine, dimana terdapat berbagai kejadian dalam Kitab Suci. Lukisan ini merepresentasikan kejadian ketika Adam yaitu manusia pertama menerima kehidupan. Dalam lukisan digambarkan Adam berbaring di tanah dan tuhan memberikan kehidupan dengan sentuhan dari jarinya.

Water Lilies (Claude Monet/1920)
Water Lilies adalah rangkaian dari sekitar 250 lukisan minyak pelukis Prancis Claude Monet. Lukisan-lukisan itu menggambarkan taman bunga Monet sendiri di Giverny dan menjadi fokus utama produksi artistiknya selama tiga puluh tahun terakhir hidupnya. Lukisan-lukisan itu dipamerkan di museum-museum di seluruh dunia, salah satunya di Metropolitan Museum of Art di New York.

The Last Supper (Leonardo da Vinci/1495-1498)
Lukisan ini menggambarkan perjamuan malam suci karya seniman Italia Leonardo da Vinci di dinding Biara Santa Maria Delle Grazie, Milan Italia. Lukisan ini dibuat pada 1495 dimana pada lukisan ini terlihat Yesus dan ke-12 muridnya sedang melakukan makan malam.

Starry Night (Vincent van Gogh/1889)
Starry Night menceritakan sebuah desa bernama Saint-Remy yang dikelilingi banyak matahari. Lukisan ini menjadi salah satu karya paling terkenal di dunia karya maestro pelukis Belanda Vincent Van Gogh. Saat ini lukisan fenomenal ini ada di Museum of Modern Art di New York

Night Watch (Rembrandt van Rijn/1642)
Selesai pada 1642 di puncak zaman keemasan negeri Belanda, The Night Watch adalah salah satu lukisan paling terkenal karya pelukis Belanda Rembrandt van Rijn. Ini menggambarkan seorang penjaga kota bergerak keluar, dipimpin oleh Kapten Frans Banning Cocq dan letnannya, Willem van Ruytenburch. Lukisan ini dipajang di Rijksmuseum di Amsterdam.

The Scream (Edvard Munch/1893)
The Scream adalah nama yang diberikan untuk salah satu dari empat lukisan pastel karya pelukis Norwegia Edvard Munch. Keempat versi diciptakan untuk media berbeda dan dua dari empat versi lukisan. Salah satu lukisan berada di Galeri Nasional di Oslo, sementara yang lain dalam koleksi Museum Munch juga di Oslo

Girl with a Pearl Earring (Johannes Vermeer/1665)
Lukisan ini dibuat oleh pelukis Johannes Vermeer pada 1665 meski tidak ada dituliskan tanggal pembuatannya sehingga sampai sekarang menjadi misteri. Dipercayai bahwa gadis dalam lukisan ini adalah putri sulung dari Vermeer. Lukisan ini sering dianggap Mona Lisa-nya Belanda, karena ekspresi yang dihasilkan oleh mata dengan mulut sedikit terbuka menjadi sebuah misteri

The Birth of Venus (Sandro Botticelli/1485–1487)
Lukisan ini adalah penggambaran Dewi Venus, setelah muncul dari laut sebagai wanita dewasa yang diciptakan oleh Sandro Botticelli, seorang pelukis Italia abad ke-15. Lukisan ini bisa dilihat di Galeri Uffizi di Florence, Italia

Guernica (Pablo Picasso/1937)
Lukisan ini mencerminkan sebuah kejahatan dari pemboman di Kota Guernica saat perang saudara di Spanyol. Pelukis Pablo Picasso ingin menarik perhatian dunia terhadap betapa kebiadaban dalam pemboman di kota tersebut. Lukisan ini dikenal sebagai karya besar pada abad ke-20, dimana dilukis berukuran 3,5 x 7,8 meter menggunakan cat minyak. *Nama pelukis dan waktu lukisan dibuat

Galeri Seni Terkenal

National Gallery of Art (AS)
Museum ini terletak di Washington D.C. Tanpa dikenakan tiket masuk, galeri ini adalah satu-satunya koleksi seni yang sangat berkesan di dunia. Salah satu karya berkesan adalah The Sculpture Garden yang memiliki 17 patung sepanjang 6 hektare. Lalu ada juga pertempuran laut antara Belanda dan Spanyol yang dilukis kembali dengan menggabungkan yang asli sehingga hasilnya indah untuk dilihat. Karya seni lainnya yang mengagumkan adalah Antico: The Golden Age of Renaissance Bronzes Exhibition.

Royal Bridges (Dubai)
Royal Bridges adalah acara tahunan yang digelar pada 29-30 November di Ritz Carlton DIFC, Dubai. Pameran ini sangat unik karena meliputi pelukis profesional dari keluarga kerajaan dari Asia, Eropa, Amerika Selatan dan Timur Tengah. Pameran ini akan menunjukkan macam-macam sejarah individu dan naratif dari setiap latar belakang pelukis. Convergence akan memperlihatkan karya-karya terpilih dimulai dari lukisan dan patung baik tradisional maupun modern.

Tate Modern (Inggris)
Tate Modern yang terletak di London meliputi karya dari Ibu moderisme asal Amerika, Georgia O’Keeffe yang merupakan pelukis wanita termahal di dunia. Pelukis sekaligus pelopor feminis ini adalah seorang ikon Amerika dan lukisannya pun disimpan di koleksi publik di Britania Raya. Lukisan paling dikenal O’Keeffe antara lain bunga-bunga yang diperbesar, pencakar langit New York dan pemandangan New Mexico.

The Frick Collection
Terletak di Manhattan, The Frick Collection memiliki lukisan tua dengan kualitas tinggi dari beberapa pelukis Eropa ternama. Tidak hanya lukisan, The Frick Collection juga mengoleksi furnitur megah, vas porselin dan perunggu dari Italia. Salah satu karya terbaik yaitu the Renoir, Impressionism dan Full-Length Painting Exhibition termasuk sembilan lukisan dari berbagai wilayah di dunia yang meliputi karya Renoir.
(Koran Sindo/Bobby Firmansyah)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)